Home Artikel Kamen Rider Neo Heisei: Membedah Mitos dan Fakta Penggunaan Istilah

Kamen Rider Neo Heisei: Membedah Mitos dan Fakta Penggunaan Istilah

SHARE

Kamen Rider Neo Heisei Featured Ada satu issue menarik yang sampai sekarang selalu diperdebatkan oleh para penggemar tokusatsu, yaitu penggunaan istilah Kamen Rider Neo-Heisei dalam penyebutan serial setelah Kamen Rider Decade. Sering kita lihat dimana ada istilah tersebut muncul, ada banyak timpalan bernada miring yang mengikutinya. Jadi apakah benar bahwa istilah Neo Heisei itu valid, kru I-Toku telah menyajikan artikel untuk meluruskan hal tersebut.

Apa itu Heisei dan apa itu Neo Heisei?

Selalu ada pembicaraan Neo Heisei baru jika ada serial baru keluar
Ada pembicaraan soal Neo Heisei jika ada serial baru keluar

Sebelum masuk ke pokok masalah, ada baiknya kita melihat definisi dari serial Kamen Rider Heisei dan Neo Heisei itu sendiri. penamaan Serial Heisei berasal dari istilah “zaman Heisei”, yang berlangsung sejak pengangkatan Kaisar Akihito di Jepang pada tahun 1989 sampai sekarang. Sehingga setelah lowong 10 tahun tanpa serial baru setelah Kamen Rider Black RX tahun 1989, muncullah serial baru Kamen Rider Kuuga pada tahun 2000, yang disebut sebagai perintis serial Heisei.

Pada tahun 2009, setelah Kamen Rider Decade, serial yang memperingati 10 tahun serial Heisei, banyak yang berubah dari serial Kamen Rider setelah ini, terutama dari segi produksi seperti awal tayang yang berubah dari awal tahun ke kuartal ketiga. Namun secara teknis dan etimologis itu sendiri serial yang disebut-sebut oleh banyak fans sebagai Neo-Heisei (Heisei baru) sebenarnya memang masih termasuk serial Heisei.

Jadi apakah benar ada pembagian serial Heisei dan Neo Heisei?

Jawaban singkatnya, tidak, karena secara resmi belum ada istilah yang mengemukakan demikian. Namun pembagian antara serial Heisei tahun 2000-2009 dan serial setelah tahun 2009 itu benar adanya. Dikutip dari salah satu buku resmi untuk serial Kamen Rider yaitu Kamen Rider Official Perfect File terbitan majalah De Agostini pada tahun 2014 lalu, Kamen Rider Heisei dari Kuuga sampai Decade disebut sebagai Heisei Fase 1 dan Kamen Rider dari Double sampai sekarang disebut Heisei Fase 2.

Tidak hanya serial Heisei, serial Showa yang berlangsung dalam rentang 1974 sampai 1994 juga sebenarnya dibagi ke dalam 3 fase yang berbeda karena putus-nyambungnya produksi dan berubah-rubahnya setting dan tim kreatif pada saat itu:

  • Showa Fase 1 (1971-1975): Kamen Rider, Kamen Rider V3, Kamen Rider X, Kamen Rider Amazon, Kamen Rider Stronger.
  • Showa Fase 2 (1979-1984): Kamen Rider (Baru) – atau yang sekarang dikenal sebagai Skyrider, Kamen Rider Super 1 dan spesial yaitu Kamen Rider ZX.
  • Showa Fase 3 (1987-1994): Kamen Rider BLACK dan Kamen Rider BLACK RX, serta spesial yaitu Shin, ZO dan J.

Lalu darimana Istilah Neo Heisei itu Datang?

Penggunaan awal istilah Neo Heisei muncul pada situs ensiklopedi fans terbesar, Kamen Rider Wikia, pada artikel-artikel yang ditulis pada 2012, terutama di artikel berjudul “Neo-Heisei” itu sendiri. Perlu diingat bahwa situs berbasis engine wiki seperti Wikia dan Wikipedia adalah situs yang dapat ditulis dan dipelihara oleh semua orang, jadi bisa digunakan untuk kepentingan suatu kelompok, promosi ataupun penggiringan opini. Wikia bukan ditujukan untuk sumber referensi atau riset. Karena situs tersebut populer dan banyak didatangi banyak fans baru, istilah Neo Heisei jadi banyak digunakan oleh sesama fans.

Apa saja yang menjadi pembeda Fase Pertama dan Fase Kedua?

Seperti yang sudah disebutkan di atas, pembeda utamanya adalah berpindahnya waktu tayang dari yang asalnya awal tahun sekitar Januari menjadi akhir tahun sekitar Oktober. Secara materi promosi, dari adanya W, Kamen Rider sudah digadang-gadang sebagai proyek baru setelah 10 tahun. Perubahan ini juga memberikan dampak pada promosi silang antara Kamen Rider serial selanjutnya dan juga Super Sentai dengan adanya Super Hero Taisen.

Jadi Baiknya Bagaimana?

Istilah serial-serial itu sendiri jika ditilik dari segi penggunaannya, hanyalah istilah yang menyempit pada penamaan sebuah serial saja untuk mempermudah klasifikasi, bukan secara ekskusif merujuk pada zaman dimana seorang Kaisar Jepang bertahta. Karena jika mau ngotot *tidak* mau ada istilah Neo-Heisei, Black RX secara teknis bisa disebut sebagai setengah-Showa dan setengah Heisei lalu Shin, ZO serta J harusnya termasuk sebagai Heisei.

Don't be THAT guy
Don’t be THAT guy

Tentang pemakaiannya itu sendiri tergantung para fans memandangnya, karena istilah ini digagas oleh fans dan digunakan oleh banyak fans juga, kendati bukan istilah resmi. Namun sebagai fans yang dewasa, alangkah baiknya tidak perlu saling menyalahkan, memusingkan atau bahkan melakukan bullying hanya karena penggunaan istilah yang hanya dirasa kurang sreg secara pribadi. Segera luruskan dengan baik-baik dan dengan fakta yang valid, tetap jadilah fans yang cerdas dan salam toku!

Beri pendapat kamu di sini

Komentar

komentar